Sedikit Ilmu Per"Komputer"an

Jaman sekarang pasti tau semua dong yang namanya Internet dan Komputer. Bahkan sekarang kalo ga ada akses internet sebentar saja, orang sudah seperti kehilangan dunianya, ini pukulan untuk orang yang no life di dunia nyata, LOL. Nah, berhubung orang kebanyakan cuma tau makenya doang tanpa tau seluk beluknya, disinilah saya untuk menjelaskan sedikit tentang Internet dan Hardware (baca : perangkat keras) Komputer.


Internet berasal dari stilah Interconnected Network yang berarti kumpulan komputer ataupun gadget yang menghubungkan satu dengan yang lain pada jaringan komputer di seluruh dunia.

Mengapa internet dapat menghubungkan komputer/gadget di seluruh dunia? Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi protokol standar komunikasi internasional yang disebut protokol TCP / IP (Transmission Control Protocol / internet protokol).

Jaringan internet pertama di dunia awalnya disebut ARPANET (Advenced Research Project Agency Network) yang dimulai pada bulan Oktober 1960 dan diketuai oleh Joseph Licklider, dan ARPANET diperkenalkan pada Oktober 1972. Awalnya internet hanyar dibuat untuk kepentingan militer dan kesehatan namun dalam perkembangannya, ARPANET mengalami kendala sehingga ARPANET ini dipecah menjadi dua yaitu MILnet untuk kepentingan militer dan ARPANET untuk kepentingan nonmiliter. Komputer di University College London merupakan perangkat komputer pertama di luar Amerika yang menjadi anggota ARPANET.

Pada tahun 1973, Vinton Cerf dan Bob Khan mempresentasikan gagasan yang lebih besar, mereka membuat kelompok kerja yang disebut International Network Working Group(INWG). Pembicara pertama adalah Vinton Cerf yang disebut sebagai bapak internet. Pada tahun 1980 internet mulai direkomendasikan dan diprivatisasi, yang ditandai dengan adanya Internet Service Provider (ISP). Pada tahun 1990 internet mulai menawarkan pola komunikasi yang baru yaitu dengan e-mail dan web.

Perangkat komputer secara garis besar dapat dibagi menjadi 2, yaitu Perangkat keras dan Perangkat lunak. Namun disini yang akan saya bahas hanya bagian perangkat keras saja.
Perangkat keras komputer (bahasa Inggris: hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi  dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
·         Motherboard yang merupakan tempat CPU, memori, slot VGA, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
·         RAM - tempat penyimpanan data sementara / jangka pendek, sehingga perangkat lunak yang kita jalankan akan tersimpan sementara, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC.
·         Buses:
·         Bus PCI
·         Bus ISA
·         USB
·         AGP
·         ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan.
·         CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer.

·      Pencatu daya (bahasa Inggris: power supply), sebuah kotak yang menyalurkan daya ke papan induk transformer, kontrol voltase dan kipas.

·         Pengontrol penyimpanan.

·     GPU (Graphic Processing Unit) atau orang awam menyebutnya VGA (meskipun VGA bukan sebutan yang benar) adalah unit  memproduksi output untuk ditampilkan komputer.

·     Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner.

·         Beberapa jenis penyimpanan komputer

·   Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
·         Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
·         Disk array controller

·         Soundcard/Kartu suara, untuk menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.

·         Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet atau ke komputer lainnya.
·         Modem - media penyambung ke koneksi internet.
·         Kartu network - untuk internet DSL/kabel, atau menghubungkan ke komputer lain.

·         Alat lainnya seperti Monitor, Keyboard (Papan ketik), Tetikus (Mouse), Speaker, dan lain lain.

Untuk terkoneksi ke Internet, kita harus mendaftar terlebih dahulu di ISP dengan cara membeli kartu internet ataupun dengan cara lain. Nah sekarang, apa itu ISP?
Internet service provider atau biasa disingkat ISP adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan dengan hal tersebut. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet, contohnya di Indonesia seperti Telk** Speedy, I*dosat, dan pastinya yang murah di kantong para mahasiswa dan pelajar yaitu T*ree (bukan promosi ya). Nah, ISP ini menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

Untuk menjelajah internet kita juga harus memahami apa itu DNS (Domain Name System).

Sistem Penamaan Domain (bahasa Inggris: (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, contohnya Jaringan Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Ribet ya penjelasannya? Simpelnya gini, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.


DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Lagi-lagi ribet penjelasannya? Nih mudahnya gini, DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet di mana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di kolom web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).





Komentar

Postingan populer dari blog ini

IAIN Palangkaraya, Kampus Islami